Bus Canggih Mulai Beroperasi di Aceh - ATA RAKYAT

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 21 Januari 2023

Bus Canggih Mulai Beroperasi di Aceh

Ilustrasi bus yang dibekali dengan teknologi keselamatan terbaru. Sumber : Dok: TKDN

BANDA ACEH, ATA RAKYAT | PT Teknologi Karya Digital Nusa resmi menjalin kerja sama dengan pihak Bus Trans Koetaradja, untuk menciptakan ekosistem keselamatan berkendara melalui perangkat telematika berbasis Internet of Things dan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

"Kami menyediakan alat IoT TKDN Advance Mobility (TAM Fleet) yang terpasang di unit Trans Koetaradja, yang berfungsi sebagai sensor serta pengawasan pengemudi dan terbukti meningkatkan keselamatan armada," ujar Presiden Direktur TKDN, David Santoso melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 19 Januari 2023. 

Perangkat yang dipasang pada tujuh unit armada milik Bus Trans Koetaradja yang beroperasi di Banda Aceh itu, nantinya 
akan dapat mengawasi pengemudi serta keselamatan penumpang yang ada di dalamnya.

Bus berteknologi IoT Photo : Dok: TKDN 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T Faisal mengatakan bahwa sejumlah tujuh unit Trans Koetaradja sudah tersedia dengan perangkat telematik dan khusus dua unit akan beroperasi di dalam kawasan kampus, yaitu USK dan UIN Ar-Raniry.

"Dengan tagline yang ada pada Bus "Semangat Melayani!", UPTD Angkutan Massal ingin agar masyarakat khususnya mahasiswa untuk menggunakan dan membiasakan naik transportasi publik," kata T Faisal.

Pada kesempatan ini, pihak dari PT TKDN menyuplai beberapa produk IoT seperti MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Indicator R-Watch, Touch Panel yang terbukti meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas, APC penghitung penumpang dan pemasang LED.

Saat ini, layanan Trans Koetaradja resmi beroperasi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.05 WIB. Para pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ketika menggunakan transportasi umum ini.

Sebagai informasi tambahan, peluncuran Trans Koetaradja yang mendukung transportasi publik di kawasan kampus atau "Trans Campus" ini diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universita Islam Negeri Ar - Raniry

Sumber : Viva.co.id
Pewarta : ayahdidien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here